Agustus, bulan Vitamin A dan Obat Cacing… Sudahkan bayi dan balita Anda mendapatkannya ??

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah mencanangkan bulan pemberian Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus. Pada bulan Februari dan Agustus Pemerintah akan memberikan kapsul vitamin A kepada bayi dan balita di usia 6-59 bulan.

Melda Maiyar, And.Keb; bidan yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Arjowinangun mengatakan bahwa kegiatan pemberian vitamin A ini  adalah kegiatan yang dilakukan secara Nasional. Di bulan Agustus ini kegiatan Posyandu difokuskan untuk memperhatikan gizi serta memberikan vitamin A kepada bayi dan balita usia 6-59 bulan.

“Kekurangan  Vitamin A pada anak akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta kebutaan, selain itu kami juga memberikan obat cacing dan memeriksa garam dapur yang dibawa oleh ibu-ibu yang datang ke Posyandu untuk diperiksa apakah garam tersebut beryodium atau tidak”, ujar Bidan kelahiran Dumai Provinsi Riau ini.

“Obat cacing diberikan pada anak yang sudah berumur diatas satu tahun, diantaranya bergunanya untuk membasmi berbagai jenis cacing dalam tubuh anak dan juga bisa mengurangi kondisi stunting pada anak, sedangkan pemeriksaan garam beryodium gunanya untuk menghindari mereka terjangkit dari penyakit gondok”, terangnya.

Disela-sela kegiatan pemberian suplemen Vitamin A dan obat cacing di Posyandu RW 04 Kelurahan Arjowinangun (13/8/2019) Bidan Melda juga menyampaikan “pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun ini selain diberikan kepada bayi dan balita juga diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang rentan mengalami kekurangan vitamin A”.

“Di bulan pemberian kapsul vitamin A ini ada dua kapsul yang diberikan kepada bayi dan balita yaitu kapsul yang berwarna biru diberikan untuk bayi yang berumur 6-11 bulan dan kapsul merah diberikan untuk anak umur 12-59 bulan, kapsul ini penting diberikan karena dengan adanya kecukupan vitamin A akan bisa membantu anak dalam membentuk daya tahan tubuhnya dan juga dalam segi kesehatan penglihatannya”, jelas Bu Bidan yang selalu memantau perkembangan bayi dan balita di Posyandu ini.

Bagi orang tua yang memiliki bayi dan balita selain pemberian suplement vitamin A sebaiknya juga tetap didukung dengan asupan makanan yang mengandung vitamin A.

Untuk mendapatkan kapsul vitamin A ini bisa diperoleh gratis di Posyandu atau Puskesmas terdekat setiap bulan Februari dan Agustus. Apabila tidak bisa memperolehnya di Posyandu dan Puskesmas terdekat anda bisa mendapatkannya di sarana kesehatan lainnya.

 

[c’iwoeD]

Comments are closed.