Berita

Wawali Malang Bersama SOKSI Gelar Penanaman Pohon dan Lihat Hasil UMKM RW 5 Arjowinangun

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, melaksanakan kegiatan penanaman Pohon Pule di RW 5 Puri Cempaka Putih 1, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Sabtu (09/01) tadi.

Tidak sampai disitu, ternyata usai melakukan penanaman Pohon Pule, pria yang akrab disapa Bung Edi, juga diajak oleh warga berkeliling melihat sejumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di lingkungan RW 5.

Turut hadir pula dalam kegiatan penanaman pohon, Ketua SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), Muhammad Hisbullah Huda, Ketua RW 5, Supriadi, Lurah Arjowinangun, Andy Hamzah, Camat Kedungkandang, Doni Sandito, Ketua KPHR (Komunitas Puri Ijo Royo-Royo), Edy Wahyudi, Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf Suryadi, dan beberapa elemen organisasi masyarakat lain.

Bung Edi merasa senang, karena tidak hanya sekedar menanam bibit Pohon Pule. Tetapi, juga diajak berkeliling melihat potensi warga.

“Awalnya saya datang hanya untuk menanam Pule (pohon, red). Ternyata, warga punya agenda tambahan dan saya diajak berkeliling ke beberapa spot,” terangnya senang.

Termasuk, spot tempat pembuatan minuman telang, kopi lereng semeru hingga budidaya anggrek. Dari lebih 10 spot itu, ada yang menyita perhatian orang nomor dua di Pemkot Malang itu.

“Yang cukup menarik bagi saya, adalah ada keinginan warga di RW 5, menjadikan lingkungan sebagai wisata tematik kampung Telang. Dan ada lagi yang spektakuler, ada warga yang membudidaya, mulai dari budidaya makanan ringan, ikan lele dan nila, sampai kebun bibit. Hasil panen, dijual ke supermarket maupun warga. Jadi, ada kemandirian pangan dan inovasi UMKM di sini,” jelasnya.

Menurut Bung Edi, saat pandemi seperti ini, usaha-usaha kecil dan indsutri rumah tangga justru eksis dan mampu beradaptasi.

“Saya menemukan banyak spot penting di sini. Meski pun, masih perlu sentuhan-sentuhan menuju kesempurnaan. Mengingat, di RW 5 Arjowinangun ini, Maret 2021 akan mengikuti lomba Proklim (Program Kampung Iklim) tingkat nasional,” paparnya.

Berkaitan dengan banyaknya UMKM di RW 5 Arjowinangun, Ketua SOKSI Kota Malang, Muhammad Hisbullah Huda, mengatakan bahwa ada yang menjadi unggulan di RW 5 Arjowinangun. Selama ini, RW 5 banyak kegiatan, termasuk salah satunya produk unggulannya adalah telang.

“Kebetulan, hari ini ada penanaman Pule, akhirnya sekalian kami ajak Pak Wawali meninjau kegiatan UMKM. Dan UMKM di RW 5 Arjowinangun, termasuk partner yang selama ini kerja sama dengan SOKSI Kota Malang,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Jihud ini menuturkan, bahwa SOKSI mempunyai bidang UMKM yang selalu membantu masyarakat dalam mengembangkan UMKM.

“Jadi di SOKSI ada bidang UMKM yang selama ini berkomunikasi dengan warga RW 5, berkaitan dengan usaha mereka. Komunikasi dalam bentuk pembinaan, pelatihan, pemasaran, intinya kami membantu masyarakat semua khususnya RW 5 yang sekarang kita kunjungi ini,” tambahnya.

Masih menurut Jihud, di tiap kecamatan, SOKSI mendorong adanya produk yang diunggulkan dan bisa menjadi sebuah ikon. RW 5 Arjowinangun yang bertempat di Kecamatan Kedungkandang ini, mengunggulkan produk telang mereka.

“Makanya, RW 5 punya cita-cita kampungnya bisa dinamakan Kampung Telang. Apalagi, di masa pandemi ini semua sektor mengalami penurunan. Harapannya, dengan UMKM yang digagas paling tidak bisa membantu melewati masa pandemi,” ungkapnya.

SOKSI sendiri bekerja sama dengan 5 Kecamatan yang ada di Kota Malang. Namun, khusus di lokasi RW 5 Arjowinangun ini, menjadi destinasi pertama yang diperkenalkan melalui kunjungan Wawali Kota. Pasalnya, UMKM di RW 5 Arjowinangun ini lebih dahlu siap untuk ditinjau.

 

https://memontum.com/131705-wawali-malang-bersama-soksi-gelar-penanaman-pohon-dan-lihat-hasil-umkm-rw-5-arjowinangun#ixzz6t8SS9AzD